Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UN dan US, Sekolah di Gugus Karang Baru Siapkan Siswa Secara Maksimal

UN dan US, Sekolah di Gugus Karang Baru Siapkan Siswa Secara Maksimal
Siswa dan siswi saat berpose bersama guru dan kepala sekolah


Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) akan berlangsung selama satu minggu penuh, sejak 15 Mei sampai tanggal 20 Mei 2017. Sebagai persiapan menempuh evalusi ahiruntuk kelas 6 ini sejumlah sekolah yang ada di Gugus Karang Baru  sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Mengadakan les tambahan pada 3 mata pelajaran yang akan di ujikan, diantaranya Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika. Sementara untuk mata pelajaran Ujian Sekolah: Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan tidak kalah pentingnya. Beberapa sekolah sudah memulai  les tambahan sejak awal bulan Januari tahun 2017 ada juga mengawalinya di bulan Pebruari dan minggu-minggu ini sudah mulai ditiadakan.

Peserta UN dan US pada sekolah yang ada di Gugus Karang Baru tahun 2017 mengalami peningkatan dari sebelumnya. Tahun 2016 jumlah peserta ujian nasional sebanyak 149 orang, sedangkan pada tahun ini berjumlah 157 orang, terdiri dari 31 orang dari SDN 1 Karang Baru, menyusul 22 orang peserta dari SDN 2 Karang Baru, SDN 3, SDN 4, dan SDN 5 Karang Baru masing-masing berjumlah 17 orang, sedangkan SDN 6 Karang Baru dengan jumlah peserta 53 orang merupakan peserta terbanyak diantara 6 sekolah  di gugus ini.

Satu minggu sebelum UN dan US tulis tepatnya tanggal 8 Mei sampai 13 Mei sudah dilaksanakan ujian praktik pada beberapa mata pelajaran, diantaranya, B. Indonesia, PAI, IPA, PJK, SBK dan Muatan Lokal yang konon materi kisi-kisinyanya disusun sekolah masing-masing.

Sebagai awal persiapan UN dan US Pemerintah Kabupaten Lombok Timur telah mengadakan tryout (red: uji coba) sebanyak dua kali, terahir terlaksana tanggal 10 April sampai 15 April 2017. Kegiatan ini sebagai upaya melatih kemampuan siswa dalam mengisi Lembar Jawaban Ujian dan kemampuan menjawab soal pada hari pelaksanaan UN dan US.

Terkait dengan UN dan US hari senin lusa, beberapa siswa kelas 6 menyatakan sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, salah satu siswi SDN 2 Karang Baru Baiq Madinatul Munawarah mengakui sudah benar-benar mempersiapkan diri dengan mengikuti les, belajar kelompok, menjawab soal-soal ujian tahun yang lalu dan akan secara maksimal dalam menjawab soal pada hari UN dan US yang sudah diambang pintu ini.

“Saya siap untuk menjawab soal pada UN dan US nanti dengan sebaik-baiknya dengan menggunakan kemampuan semaksimal mungkin,” tegas putri yang sejak kelas 1 menjadi juara.

Putri kelahiran Beririjarak 17 Januri 2005 yang bercita-cita menjadi hafizah ini berharap agar nilai pada ujian nanti dapat memuaskan.

Hal serupa juga dikatakan Jamiatul Hasanah salah seorang siswi yang bercita-cita menjadi Guru ini, sudah mempersiapkan dirinya dengan sebaik-baiknya. Siswi yang aktif dalam ekstrakulikuler ini juga ingin memperoleh nilai terbaik dari teman-teman sekelasnya bahkan bilaperlu terbaik di tingkat kecamatan.

“Mudah-mudahan bisa mendapat nilai terbaik dari teman-teman yang lainnya.” Tutur siswi yang akan melajutkan studinya di MTs. Negeri 3 Lombok Timur.
#Redaksi
#Redaksi Menulis untuk mengingat

Posting Komentar untuk "UN dan US, Sekolah di Gugus Karang Baru Siapkan Siswa Secara Maksimal"