Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Teknis Pengisian Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2017


Petunjuk Teknis Pengisian Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Petunjuk Umum
  1. Ijazah  untuk  SD,  SDLB,  SMP,  SMPLB,  SMA,  SMALB,  SMK,  SPK,  Paket  A,  Paket  B, dan Paket C diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan.
  2. Terdapat  tiga  jenis  Ijazah  yaitu;  Ijazah  untuk  sekolah  yang  menggunakan Kurikulum  2006,  Ijazah  untuk  sekolah  yang menggunakan  2013,  dan  Ijazah  untuk satuan  pendidikan  kerjasama  (SPK).  Perbedaan  tersebut  terletak  pada  Daftar  Nilai yang  terletak  di  halaman  belakang  dan  kode  blangko  yang  terletak  di  halaman muka
  3. Ijazah  terdiri  dari  2  muka  dicetak  bolak-balik,  dimana  identitas  dan  redaksi  di halaman muka, hasil ujian/daftar nilai ujian di halaman belakang.
  4. Ijazah  SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK,  diisi oleh panitia  penulisan Ijazah yang dibentuk Kepala Sekolah.
  5. Ijazah  Paket  A,  Paket  B,  dan  Paket  C  diisi  oleh  panitia  penulisan  Ijazah  yang dibentuk oleh Kepala SKB/Ketua PKBM
  6. Pengisian  Ijazah  menggunakan  tulisan  tangan    dengan  tulisan  huruf   yang  benar, jelas,  rapi,  bersih,  dan  mudah  dibaca  menggunakan  tinta  warna  hitam  yang  tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.  Dalam kondisi tertentu dapat diisi dengan sistem komputer (dicetak).
  7. Jika  terjadi  kesalahan  dalam  pengisian,  Ijazah  tidak  boleh  dicoret,  ditimpa,  atau dihapus  (tipe-ex),  melainkan  harus  diganti  dengan  blangko  yang  baru.  Untuk  itu perlu kehati-hatian dalam penulisan.
  8. Ijazah  yang  mengalami  kesalahan  pengisian  disilang  dengan  tinta  warna  hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman muka dan belakang.
  9. Setelah  seluruh  pengisian  Ijazah  selesai,  Ijazah  yang  salah  tersebut dimusnahkan dengan disertai berita acara pemusnahan.
  10. Berita  acara  pemusnahan  Ijazah  SD,  SDLB,  SMP,  SMPLB,  SMA,  SMALB,  SMK ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang disaksikan oleh pihak kepolisian.
  11. Berita acara pemusnahan Ijazah  Paket A, Paket B,  dan  Paket C  ditandatangani oleh Kepala SKB/Ketua PKBM  yang disaksikan oleh pihak kepolisian.
  12. Sisa  blangko  Ijazah  SD,  SMP,  Paket  A,  Paket  B,  dan  Paket  C  yang  terdapat  di satuan pendidikan,  diserahkan  kembali  ke  Dinas  Pendidikan  Kabupaten/Kota dengan  disertai  berita  acara  yang  ditandatangani  oleh  Kepala  Sekolah/Kepala SKB/Ketua  PKBM  dan  Kepala  Dinas  Pendidikan  Kabupaten/Kota  atau  pejabat  yang mewakili. 
 Untuk lebih jelasnya dapat di unduh pada link berikut


#Redaksi
#Redaksi Menulis untuk mengingat

Posting Komentar untuk "Petunjuk Teknis Pengisian Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2017"